Spreadsheet Perhitungan Angsuran KPR

Kebetulan dalam beberapa posting saya sebelumnya, ada beberapa visitor menanyakan mengenai software untuk perhitungan angsuran KPR.

Saya sudah upload di Google spreadsheet jadi bisa dilihat dan digunakan oleh semua orang, tapi tolong untuk rumus jangan diubah :D)

Google Spreadsheet “Perhitungan Angsuran”

Ada 3 sheet dalam file itu yaitu angsuran dengan suku bunga :

1.  Monthly Effective (Efektif bulanan)

2.  Anuity (efektif Tahunan)

3.   Flat

Masing-masing disertai dengan table amortisasi bulanannya

Yang perlu diisi atau diganti adalah field :

1. Nominal KPR

2. Suku bunga

3. Jangka waktu, (bln) berarti dalam bulan, (thn) dalam tahun

Untuk  sheet efektif bulanan ada juga perbandingan suku bunga bila menggunakan suku bunga bunga flat atau tahunan (di sebelah kanan tabel angsuran).

Kalau ada pertanyaan atau ingin file xls-nya silakan memberikan comment dan meninggalkan alamat email.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tag: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

82 Komentar pada “Spreadsheet Perhitungan Angsuran KPR”

  1. pinginsukses Says:

    makasih ya……

  2. Nugroho AR Says:

    Tolong dong kirimin, buat pertimbangan mau beli rumah secraa KPR niy
    Makasih ya…

  3. eko singgih Says:

    boleh dong saya di kirimi file xls nya utk simulasi kreidt rumah (kpr)….dan terimakasih banyak

  4. recca Says:

    thks atas infonya… boleh minta file excelnya dong

  5. harya Says:

    @ Nugroho, eko singgih dan recca : File xls sudah saya kirimkan via email, semoga bermanfaat

  6. Kristanto Hendardi Says:

    Boleh dong mas dikirimin file xls untuk simulasi KPR.
    Terima kasih banyak.

  7. harya Says:

    @ Kristanto : Check email, sudah saya kirimkan, semoga bermanfaat.

  8. dimas Says:

    tolong dunk mas kirimin file excelnya.. tullisan2nya sangat membantu dalam panduan membeli rumah.. terimakasih sebelumnya

  9. harya Says:

    @ dimas : sudah dikirimkan

  10. bunga putriana Says:

    Thanks atas infonya yg sangat bermanfaat, ada rencana mo ambil KPR nih… Mohon dikirimkan file.xl simulasi perhitungan KPRnya ya… Terima Kasih…

  11. vivi Says:

    wah mas, kebetulan banget nih, saya juga lagi bingung milih kpr yang pas
    bisa minta kirimin ke email saya ya mas, makasih… ^^

  12. hendra Says:

    sip, tolong kirimin filenya ya.
    saya memang sedang mau ngambil KPR
    thnks

  13. elizabeth Says:

    bisa minta file xls nya? thanks before

  14. blackgold Says:

    tolong aku juga dikirimin donk..
    please..

    thx alots ya

  15. cash Says:

    pak ..tolong kirim file excelnya jg donk ke email cashflow103@yahoo.com

    thx before

  16. kei Says:

    tolong donk aq dikirim file xls nya..
    mau coba kredir rumah neh…
    tq

  17. blue Says:

    mas tolong kirimin xls dunk, thanks ya, soalnya bunga cicilan kpr saya mencekik

  18. Harya Says:

    @ blue : udah ya … emang mencekik gimana nih?

  19. poyo Says:

    om saya minta juga donk file xls-nya
    mau itung2an dulu nih..
    thxs sbelumnya..
    ^_^

  20. rika Says:

    pak boleh minta file exel, makasih sebelumnya. ada rekomendasi bank utk kpr?

  21. Harya Says:

    @ rika : sudah saya kirim file nya.

    Saya tidak bisa merekomendasikan bank mana, sebetulnya tergantung calon pembeli. Kalau sudah jadi nasabah BCA mungkin bisa ambil di BCA, Mandiri juga begitu apalagi kalau sudah nasabah lama.

    Saya pribadi mungkin prefer ke BTN, dengan pengalaman saat krisis kenaikan suku bunga KPR nya masih terjangkau debitur. Bank lain mungkin Bank Niaga dan Bank Mandiri. Kalau mau mencoba multifinance juga bisa, saat ini ada 2 Bhakti FInance (Bang Kredit) dan Finansia Multi Finance (Kredit Plus).

  22. Ridwan Says:

    dear mas harya…
    mau donk dikirimin file xls-nya.
    pengen beli rumah tapi masih bingung niy…
    makasih ya…

  23. surya Says:

    mas tertarik ni file xls-na,pusing ni mulai mikirin KPR
    thanks ya

  24. gita Says:

    wah boleh dong mas saya minta file xls nya, abisnya saya awam banget soal kpr. thank before ya….

  25. gita Says:

    ups sorry reposh, ditunggu kiriman filnya ya mas… thanks

  26. Harya Says:

    @ gita & surya : sudah dikirimkan

  27. poyo Says:

    om harya, makasih ya atas kiriman file exel nya..
    sangat2 membantu,
    maap nih baru sowan lagi..
    oiya, antara bank syariah dan konvensional lebih untung mana??

  28. Harya Says:

    waduh dipanggil om lagi …… kesannya gimana gitu hehehehe……

    Untung gimana nih? ini saya denger dari teman lo, kalo sekarang bank syariah itu ya itungannya udah mirip ama bank konvensional.

    Loh kok gitu …. ya namanya mesti bersaing, terus yang namanya orang Indonesia kan belum memahami betul (sebagian besar lo) sebetulnya maksud diterapkannya syariah itu gimana.

    Bedanya apa? ya paling yang namanya angsuran itu fixed selama masa pinjaman. Masalah itungan porsi yg buat pokok ama bagi hasil buat bank sudah pake itungan efektif.

    Bedanya syariah terus apa lagi ….?
    Tidak ada denda keterlambatan yang masuk kantong bank, denda keterlambatan itu langsung dibayarkan oleh bank dalam bentuk sodaqoh jadi kalo anda telat ya bisa sodaqoh

    kalo disuruh milih mendingan pake syariah deh, poyo. Gak usah mikir naik turun angsuran …..

  29. poyo Says:

    makasih sarannya om harya..
    soalnya saya baru wacana utk kpr..

    btw, blog nya dah lama ga di apdet nih..

  30. harya Says:

    @ poyo : iya kebetulan lagi sibuk di kantor ….. sama nyari ilmu KPR lagi hehehe

  31. ANDY Says:

    bgi juga donk file excelny.tq..

  32. victor Says:

    Terima kasih banyak atas infonya. Saya mau juga donk file excelnya umtuk mempermudah hitungan..

  33. iBRO Says:

    Makasih atas info-nya… bagi donk file excelnya… tengkiyuu.

  34. MRusdianto Says:

    Informasinya menarik.. tolong dikirimin file nya dong.. thanks b4 yah..

    emailku: mrusdianto@gmail.com

  35. Andika Says:

    trims atas infony, minta file xls ny dong, tks

  36. imsyak Says:

    Kalau bisa perhitungan untuk bank syariah juga bila dibuat,tolong file xls nya bisa dikirim thanks

  37. harya Says:

    @ imsyak : sebetulnya perhitungan saya bisa digunakan untuk syariah juga, di situ kan ada nilai suku bunga flat yang biasa digunakan bank syariah,

    Mengenai penurunan pokok pinjaman ada 2 metode di bank syariah yaitu flat dan efektif, tabelnya ya sama. Hanya saja di bank syariah ada prinsip keterbukaan jadi nasabah sudah tahu total tambahan (marjin) yang harus dibayar kepada bank selama masa pembiayaan.

    Mungkin nanti saya bahas KPR Syariah secara tersendiri.

  38. Erik Says:

    Maaf om kalau boleh minta file xls nya dong,rencana mau ngambil kpr nih

  39. lorentan Says:

    Wah, mas kl ga keberatan boleh sy minta file excel utk perhitungan KPR nya, krn br rencana mau KPR jd mau dihitung2 dl. Trims

  40. Lucky Mahrus Says:

    Bisa kirimkan file tsb ke email saya pak? Terima kasih sebelum nya. maaf jika merepotkan. wassalam

  41. Ali Ahmad H Says:

    Pak Harya, thanks banget buat sharing spreadsheetnya, jd saya tau besaran pokok dan bunga KPR saya berapa.

    Sekedar membantu informasinya, info buat yang lain, google spreadsheetnya bisa kok didownload langsung jadi file xls, caranya, klik di menu File -> Download As. Tinggal pilih format file yang yang diinginkan.

  42. Harya Says:

    @ Ali : makasih atas info nya mungkin berguna buat yang butuh cepat

  43. phingphing Says:

    saya lagi coba masukin kpr utk beli rumah, maklum uang pas2an, tapi pgn py rumah sendiri..
    tlg kirim file excelnya pak, lagi butuh berat ni…
    thx in advance.

  44. Haris Says:

    Mas Harya, saya minta dikiriman file Excel nya ya. Informasi yang mas sampaikan benar-benar bermanfaat buat saya.

  45. caca Says:

    minta file xls nya dong, lg butuh nie. thanx y

  46. Paman bolank Says:

    Met sore boss.tlg sy dikirimin file xls ny dong,kbtln sy lg bth bgt,pengin bngt pny rumah biar ga jd kontraktor trus…hehehe.

  47. kukusan Says:

    Info perumahan untuk keluarga maupun single yg ingin mencari rumah. Telah dibuka Perumahan Kukusan Town House yg berada di daerah Kukusan, Beji, Depok. Lokasi belakang Universitas Indonesia (UI) keluar lewat stadion UI sangat strategis sekali, akses sangat mudah, kawasan sejuk dan asri. Menggunakan KPR BNI Syariah.

    http://kukusandepok.blogspot.com/

  48. bahri Says:

    pak harya,
    saya udah coba download dari spreadsheet google..
    tapi ga bisa, mohon bantuannya untuk dikirim via email..
    terima kasih..

  49. toms Says:

    Info yang pak harya berikan cukup bermanfaat bagi saya.
    Mohon dikirim File xls via email.
    matur nuwun sebelumnya…….

  50. Faisal Says:

    mas harya,,,
    tlg dong dikirikan ke email saya 3 spreadsheet diatas..
    thanks sebelumnya

  51. sunan kali Says:

    Mas…., tlg dikirimi file xlsnya k email yah… sy mau hitung kpr yang akan sy ambil, thanks

  52. ramelan Says:

    Tlg Dong dikirimin file xls-nya ke email sy.. terima kasih

  53. RIZAL Says:

    tolong ya dikirim file xls-nya ke email saya..saya mau hitung -hitung kpr ini…terima kasih sebelumnya…

  54. ramelan Says:

    tolong yach dikirimkan file xls-nya ke email saya .. terima kasih..

  55. Andry Is Says:

    Malam mas, saya tertarik dengan info anda, bisa dikirim file simulasinya, thank’s ya Bro.

  56. andhi Says:

    Mas…minta tolong dikirim simulasi excelnya dong, lagi cari-cari nih untuk kpr. thanks.

  57. NUNUL Says:

    Pak bisa minta simulasi pinjaman dalam format excel

  58. david Says:

    pak, tolong dikirim excel nya ke e-mail saya
    trus, kl mau mengisikan perubahan suku bunga tiap thn dimana ya? trm ksh

  59. yanyan sofian Says:

    mas kirimin donx xls nya soalnya saya mau ngambil kpr nih

  60. andi setyawan Says:

    Bagus banget mas, simulasi perhitungannya sangat bermanfaat buat kita-kita yang lagi hunting KPR terbaik. Mohon saya dikirim file xls nya dong, untuk ketiga jenis KPR tersebut.

    Email saya : andi.setyawan@gmail.com

  61. Rifky Says:

    Kasihan nih adminy :P dminta trus file xlsny

    padahal lwt “download as” kita bisa lgsung dpet file XLSny :D

    makasih ya gara2 ada spreadsheet ini tugas personal keuanganq dah kelar :))

  62. windu Says:

    saya developer baru mas bingung itung itungan bunga kpr bisa minta tolong krimi file xlsnya matur nuwun mas jadikan anak bangsa sukses


  63. boleh nih..kebetulan saya lagi nyari soft kayak gini..

  64. eko auli y Says:

    wah info yg menarik nih, mas minta tolong kirimin file excelnya dong. makasih byk.

  65. siswadi Says:

    ok bgt ms infonya…tolong ya mas spreedsheat xls nya kirim ke saya….matur nuwun.

  66. Hadie Nurwanto Says:

    wah luar biasa, bisa membantu kawan-kawan yang akan mengajukan kredit KPR …

    please, kirimin saya yah boss …
    thanks ..

  67. asep Says:

    has harya, boleh minta file excelnya perhitungan KPR? terima kasih atas perhatian dan bantuannya

  68. johan Says:

    Mau juga bro file xls nya, lg butuh juga.. thx alot..

  69. tri Says:

    boz boleh donk share xls nya
    lagi puyeng merencanakan KPR rumah pertama kami nich :(
    thanks yah

  70. Daniel Says:

    minta simulasi xls nya ya… br rencana KPR jg nih.. THKS


  71. Bos, boleh dong spreadsheet simulasi kprnya

  72. sopian Says:

    boleh dong minta simulasi xlsnya biar bs memberikan pertimbangan untuk dlm memilih kpr yg terbaik

  73. nunu Says:

    minta copy xls nya dong.. trims…

  74. Albert Says:

    pak boleh minta file excel nya ke email saya, yang di google koq sudah (maaf) acak acak an
    thx

  75. ajonxjonx Says:

    pak boleh diemail file excel nya ke alamat email saya : cancer0578@gmail.com, terimakasih sebelumnya.

  76. evanovita02@yahoo.com Says:

    pak, boleh minta file excelnya ke email saya evanovita02@yahoo.com. makasih sebelumnya pak.

  77. dian Says:

    Mas,minta tolong dong kirim xls nya ke dian_prasetyawan@yahoo.co.id. terimkasih

  78. ronal Says:

    saya butuh bgt info table ini untuk cari rumah secepatnya, mohon tolong kirimin file xl nya ya, thanx

  79. Edianto Says:

    mau juga donk excelnya..

  80. hamdani Says:

    mas tolong kirimin file excelnya juga dong ke email

  81. Fery Says:

    boleh dong mas di kirm file ecxelnya nya.. thanks

  82. alfi Says:

    mas boleh minta tlg dikirimin file excel-nya juga? terima kasih banyak


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

