KIK EBA

Mengutip berita dari inilah.com

BTN Jual Perdana KIK EBA KPR

INILAH.COM, Jakarta – Bank BTN memperdagangkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Efek Beragun Aset di pasar. Sekuritisasi aset ini bersifat arus kas tetap dengan nilai pokok yang diamortisasi 3 bulanan dengan tingkat bunga 13%.

Menurut Dirut BTN, Iqbal Latanro, rencana bisnis ini tertunda pada 2008 lalu karena kekurangan payung hukum. Dengan transaksi ini sektor riil dapat mengakses sumber dana jangka menengah dan panjang dari pasar modal. “Untuk EBA DSMF -1 KPR Bank BTN kelas A, rata-rata umur EBA adalah sekitar 2,6 tahun.

Sedangkan untuk EBA ini Moody’s telah memberi peringkat Aaa.id,” katanya di Gedung Danapala Depkeu, saat peresmian transaksi perdana KIK EBA-1 KPR BTN, Selasa (3/2). Bertindak sebagai penilai adalah PT Danareksa Invesment Management dan PT Bank BRI yang secara resmi telah mendapat pernyataan resmi KIK EBA dari Bapepam-LK.

Untuk EBA DSMF-1 merupakan sekuritisasi atas kumpulan tagihan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terpilih yang dibeli dari Bank BTN. Untuk tahap pertama jumlah emisi yang diperdagangkan senilai Rp 100 miliar. Aset ini dikelola oleh PT Sarana Multigriya Financial (persero). [cms]

Catatan gue :

Di dalam kondisi finansial yang tidak menentu seperti saat ini, penerbitan instrumen surat berharga baru dengan skim KIK EBA memberikan hembusan napas segar bagi bursa efek Indonesia.

Kelebihan KIK EBA khususnya EBA KPR adalah resiko lebih rendah karena adanya underlying asset yang jelas yaitu tagihan KPR termasuk  agunan dari KPR itu sendiri dalam bentuk rumah. Bandingkan dengan obligasi reksadana yang underlying nya adalah saham.

Perbedaan dengan obligasi korporasi adalah pembayaran periodik dari KIK EBA kepada investor terdiri dari pokok dan bunga, tidak hanya bunga saja. Patut diberi catatan bahwa rating KIK EBA yang ditarkan adalah Aaa.id oleh Moody’s.

So buat yang buat investor, untuk apa menunggu lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s