Mengenal KPR

Meskipun sudah banyak yang membahas mengenai KPR di beberapa situs Indonesia, aku ingin menulis mengenai KPR sesuai apa yang ku tahu selama ini.

Apakah KPR itu?

Ini mungkin pertanyaan yang aneh, dan pasti orang menjawab Kredit Pemilikan Rumah atau lebih lengkapnya pinjaman yang diberikan oleh bank kepada seorang debitur untuk membeli atau memperbaiki rumah.

Konsep KPR adalah kredit untuk membeli rumah benar dan perlu ditambahkan KPR juga dapat digunakan untuk membangun rumah di atas lahan sendiri.  Akan tetapi, pemberian pinjaman untuk memperbaiki rumah tidak termasuk dalam golongan KPR. Alasan utamanya adalah jaminan yang diberikan bisa jadi bukan rumah yang diperbaiki tersebut.

Kalau mau lebih lengkap, pengertian KPR adalah kredit jangka panjang yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada debiturnya untuk membeli rumah ataupun mendirikan rumah di atas lahan sendiri dengan jaminan sertifikat kepemilikan atas tanah (rumah) tersebut.

Lembaga Penyalur KPR

Kalo pada era 1980-an s.d. 1990 -an, kita hanya mengenal bank sebagai lembaga keuangan yang memberikan kredit berupa KPR kepada nasabahnya. Akan tetapi pada awal abad ke-21, beberapa multifinance mulai memberikan pelayanan KPR kepada nasabahya.

Beberapa multifinance yang aku ketahui telah memberikan KPR adalah Bhakti Finance (lebih dikenal dengan Bang Kredit), Finansia Mult Finance (Kredit Plus) dan Ciptadana Multifinance.

Jangka waktu KPR

Jangka waktu KPR diberikan berdasarkan kemampuan debitur untuk melakukan pembayaran sesuai dengan penghasilan yang diperolehnya. Pada umumnya jangka waktu yang ditawarkan adalah 5 s.d 15 tahun.

Siapa saja yang dapat mengambil KPR

Pada umumnya bank lebih memilih untuk menyalurkan KPR kepada nasabah dengan penghasilan tetap, dengan pertimbangan resiko yang harus ditanggung bank.  Sementara multifinance, dengan pengalamannya menyalurkan pembiayaan konsumen dalam bentuk kendaraan bermotor maupun alat elektronik, dapat memasuki pasar konsumen dengan penghasilan tidak tetap contohnya pedagang, pengusaha dengan tidak melupakan prinsip pemberian kredit yang sehat tentunya.

Jadi, buat siapa saja yang ingin membeli rumah ataupun mendirikan rumah di atas lahan milik sendiri (bukan orang lain .. :D) dapat mempertimbangkan untuk mengambil KPR melalui bank ataupun multifinance.

2 thoughts on “Mengenal KPR

  1. @ henry gunawan
    saya tidak ingin dinilai menjelekkan atau melebih-lebihkan satu bank dibanding lainnya. Pengertian KPR bagus itu juga sangat relatif, apakah dari suku bunga atau dari pelayanan, juga pertimbangan kebutuhan Pak Henry sendiri.

    Kalau menurut saya, pertimbangan yg perlu Bapak perhitungkan saat mengambil KPR adalah :

    1. Suku bunga, bapak bisa membandingkan sendiri dari posting saya mengenai suku bunga KPR. Kalau untuk jangka panjang syariah atau Bank BTN lebih direkomendasikan. Yang satu tidak ada kenaikan suku bunga sementara kenaikan BTN juga tidak menjerat leher.

    2. Administrasi, sebetulnya semua bank sama tapi pelayanan beberapa bank mungkin lebih baik seperti CIMB Niaga, Bank Mandiri. Kalau Bapak ada rekening di suatu bank, mungkin bisa menjadi nilai tambah saat Bapak mengajukan aplikasi.

    Kalau mau untuk jangka pendek (dibawah 10 tahun), mungkin bisa dipertimbangkan melalui Multifinance (Kredit Plus atau Bang Kredit). Mereka sudah memberi bunga fixed selama 5 tahun, dan administrasinya mungkin lebih mudah dibanding bank.

    Gitu aja Pak Henry … semoga berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s