Menentukan Bank Pemberi KPR

Karena ada banyak pertanyaan mengenai bank atau lembaga keuangan manakah yang direkomendasikan untuk KPR.  Saya tidak akan menyebut salah sau sebagai yang baik ataupun yang terbaik, karena semua tergantung dari kebutuhan kita sendiri.

Sebagai sedikit masukan mungkin dalam memilih bank pemberi KPR, dipertimbangkan hal sbb :

1.      Segmentasi Bank

Dalam memilih bank, patut dipertimbangkan segmentasi nasabah KPR bank tersebut. Bank-bank swasta umumnya lebih condong kepada KPR dengan nilai di atas Rp. 150 juta ke atas atau level menengah ke atas seperti Bank CIMB Niaga, Permata dan Panin.

Bank Mandiri dan Bank BNI mungkin masih bisa sedikit ke bawah dengan nilai KPR Rp.100 juta-an, sementara BTN lebih mengincar segmen KPR Rp.100 juta ke bawah.

Umumnya pasar nasabah KPR bank adalah pegawai berpenghasilan tetap, bagaimana dengan pengusaha atau yang tidak berpenghasilan tetap? mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengambil KPR melalui multifinance.

2 .     Suku bunga

Bank saat ini banyak menawarkan KPR dengan gimik suku bunga rendah tetapi dengan embel-embel fixed beberapa bulan atau untuk satu tahun saja.  Sepengetahuan saya hanya BTN yang menawarkan suku bunga floating.

Apabila tidak menginginkan adanya perubahan angsuran yang mendadak setelah masa fixed terlampai, mungkin KPR syariah lebih memenuhi selera kita. Belum lagi KPR yang diberikan oleh Multifinance, ada beberapa penawaran dengan fixed untuk beberapa tahun awal.

Rekomendasi saya untuk suku bunga, pilihlah yang konservatif, umumnya kenaikan suku bunga bank pemerintah masih lebih terkendali di banding KPR bank swasta. Jadi BTN, Bank Mandiri,  dan BNI mungkin lebih recommended.

3.      Reputasi

Coba cari tahu reputasi dari bank tersebut, bisa lewat internet ataupun coba tanya teman yang sudah mengambil KPR di bank tersebut. Sebagai gambaran bank-bank yang memiliki portofolio KPR di Indonesia antara lain BTN, Bank Mandiri, BNI, Bank CIMB Niaga dan Bank Permata.

4.      Kemudahan

Kemudahan di sini mungkin lebih menitikberatkan pada persyaratan administrasi, akan lebih mudah mengajukan aplikasi KPR melalui bank dimana kita telah memiliki rekening tabungan.  Umumnya, penolakan aplikasi KPR diakibatkan kurangnya dokumentasi dan bukti yang meyakinkan bank untuk memberikan KPR.

Apabila membeli rumah melalui developer, akan lebih mudah mengambil KPR melalui bank yang telah bekerjasama dengan developer tersebut .

Satu hal yang perlu dicatat, jangan mudah terpancing dengan iming-iming suku bunga rendah untuk jangka waktu tertentu sebab kita tidak mengetahui berapa bunga yang dikenakan setelah penyesuaian suku bunga.

Jadi pilihlah bank atau penyalur KPR yang sesuai dengan kebutuhan anda.

One thought on “Menentukan Bank Pemberi KPR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s