Suku bunga KPR per 16 Juni 2009

Bunga KPR untuk aplikasi baru

Nama Bank Suku bunga Jenis Suku Bunga
BTN 14% p.a. efektif
BNI 13% p.a. efektif
BRI 11% p.a. efektif
Bank Mandiri 13,25% p.a. efektif
BII 12,99% p.a. efektif
Bank Panin 10,8% p.a. efektif
Bank DKI Syariah 10,55% p.a. flat
BTN Syariah 10,5% p.a. flat
CIMB Niaga 9,9 p.a. efektif
BCA 9,9 p.a. – 10,5% efektif

catatan : untuk bank konvensional (kecuali BTN), bunga tersebut hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu

Bunga KPR Lama


Nama Bank Suku bunga
BTN 14% p.a.
BNI 14,5% p.a.
BRI 15% p.a.
Bank Mandiri 14,75% p.a.
BII 15,49%
Bank Panin 14,5%
CIMB Niaga 15,00% p.a.
BCA 14,0% p.a.

26 thoughts on “Suku bunga KPR per 16 Juni 2009

  1. Ohh tidak…! dengan bungan 11% aja gak bisa nabung.. gaji cuma cukup buat nyicil dan makan.. skr malah jadi 14% hiks… kira2 2 bulan ke depan ada penurunan nggak ya ??

  2. Kalo penurunan suku bunga mungkin saja bisa terjadi kalo melihat trend penurunan SBI saat ini, meskipun tidak menjamin.

    Yang lebih berpengaruh pada penurunan KPR adalah tingkat suku bunga Dana Pihak Ketiga (khususnya deposito) sebab bunga off the counter, untuk deposito dengan nilai besar, saat ini masih cukup tinggi.

    Kalau mau ya ambil KPR dengan suku bunga rendah meskipun untuk jangka waktu tertentu dan berharap ada penurunan suku bunga KPR umum pada saat review suku bunga.

    Saranku sih, kalau ada rencana beli rumah jangan ditunda apalagi harga rumah naik terus.

    Cheers ………..

  3. Ada yang tau ga margin rate kpr bank syariah terbaru? yang paling murah bank syariah apa ya? Pengen kpr tapi bingung nich milih banknya, pengennya sich bank syariah biar cicilannya tetap supaya napas ga kembang kempis.

  4. @ Naufal :
    Margin BNI Syariah saat ini mungkin yang paling rendah untuk bank BUMN, coba tanya ke Bank Muamalat juga.

    Biasanya untuk jangka waktu yang berbeda margin yang ditetapkan juga beda

  5. Ping-balik: Searching Perumahan KPR « My BlogS and Info KPR

  6. bunga KPR BII saat ini 12,49% untuk aplikasi baru. dan untuk developer2 tertentu ada yang 11,99% dan 11,49%.

    sekedar membagi info saja.

  7. @ pemerhati KPR : makasih infonya, memang saat ini Bank Penyalur KPR mulai menurunkan suku bunga 0,5% dari suku bunga lama.

    Bulan Juli 2009 nanti saya update ….

  8. @ Aris : makasih atas masukannya saya jadikan masukan dalam tabel tersebut

    @ Chrystal : o iya, makasih masukannya

  9. Saya realisasi oktober 2008, KPR mandiri 14,5% flat 6 bln, bulan ke tujuh cicilan turun ngikutin bunga, tapi kenapa kok ada potongan lagi 50rb 4hr kemudian, bulan berikutnya(juni) juga begitu, tp langsung pada tanggal yang sama. Kenapa ya..? Trims infonya…

  10. @ Mas Rusdi : kalau ada potongan tambahan selain angsuran KPR, mendingan tanya ke Bank Mandiri. Kalau biaya administrasi 50 rb gede banget ya? setiap bulan lagi.

    Pada prinsipnya bank adalah lembaga yang mencari keuntungan (profit oriented) jadi ya income-nya macem-macem mas. Tp mendingan konfirmasi langsung ke pihak Bank.

  11. Bunga BTN pun hanya fix 1 tahun, setelah itu tergantung rate bunga BTN yang berubah2. Misal bunga BTN sudah berubah, updatenya di perhitungan KPR kita dilakukan saat ulang tahun akad kredit krn sifat Bunga BTN yg efektif anuitas per tahun (untuk Bank lain yg efektif, semua anuitas per bulan, jadi bunga dihitung perbulan bukan pertahun kemudian dibagi 12 seperti BTN). –Mickey–

  12. semoga pemerintahan periode mendatang membawa perubahan positif yang membuat suku bunga turun amiiin.

  13. Mas, juli 09 suku bunga BTN brapa yaks? soalnya bulan september ini suku bunga fixed BTN 10% setaun sy dah mau abis neeh. jadi pengen tau aja cicilannya jadi brapa skr dgn mengikuti suku bunga baru.. thx

  14. @ anangsupraba : suku bunga KPR BTN mungkin akan turun menjadi sekitar 13,5% kalau melihat penurunan suku bunga saat ini.

  15. Bank bank bilang suku bunga mau turuunn, tapi kenyataannya bunga yg turun itu cuma buat yg ambil kpr baru…yang existing bunganya nggak turun turun..cicilan rumah gue dari 3.575.000 jadi 4.715.000 pusiiinggggg

  16. Pada tabel diatas ada jenis suku bunga flat dan efektif, maksudnya apa ya?
    Mohon dijelaskan, maklum saya belum tau mengenai KPR.Terima kasih.

  17. pusing kalo mikirin bunga KPR
    naik… terus… gak turun-turun, biar BI udah turun…
    harusnya ada tekanan dari BI untuk memberlakukan range bunga KPR misal : 10 sampe 12. gak kayak sekarang tiap bank berlomba-lomba naikin bunga KPR, alasan bank-bank tersebut karena mereka harus menarik investasi dari orang yang berduit besar (investor yg mendepositokan uangnya di bank)
    Orang berduit besar gak mau invest di bank kalo kentungan (misal bunga deposito) yang dia dapetin kecil.
    kalo begini judulnya orang kecil (si penghutang KPR) banting tulang untuk ngasih makan orang kaya (investor bank)

  18. @ Herry : yang jadi masalah kan bank di Indonesia mengambil margin terlalu tinggi dengan alasan untuk menutup biaya administrasi etc. Rata-rata bank di Indonesia itu mengambil margin 5-6%, jadi kalo bunga deposito, tabungan dan lain-lain rata-rata 6% saja maka suku bunga KPR jadi 11-12%.

    Coba kalo bank melakukan efisiensi dalam administrasi dan menurunkan margin jadi 2%-3%, maka suku bunga kPR menjadi 9-10%.

    Cuma ya itu suku bunga KPR jadi naik turun karena jangka waktu dana ya pendek-pendek (deposito paling lama 1 tahun).

    Kalaupun ada dana jangka panjang (3-5 th) mungkin sedikit mahal (antara 10-11%), jadi bunga KPR ada di kisaran 12%-14% dengan jaminan fixed selama 3-5 tahun.

  19. Kalo ada yang minat software untuk hitung besarnya cicilan KPR/kredit2 bank lainnya dengan bunga efektif ato flat bisa PM ke saya/informasikan alamat emailnya tar kukirim. thanks

  20. diharapkan bank mandiri bersikap adil..masa bunga existing gak turun2..saya suku bunga awal 14,5% sekarang 14,75% yang bener aja..yg baru diturunin supaya banyak yang kredit, abis itu tahun kedua dikerjain. Kayaknya politik semua bank begitu ya..kalau cuma begitu cara ngambil nasabah saya jg bisa kayaknya, ga perlu sekolah tinggi2 he2

  21. @ kitorang : ya kan sudah merasakan rendahnya bunga di tahun pertama, mo gak mau konsekuensinya ya di tahun kedua. Hehee …. masa bank mau rugi sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s