Tips Memilih dan Mendiami Rumah di Perumahan

Berbagi pengalaman saja karena sebetulnya sudah banyak postingan dari blogger lain mengenai tips memilih perumahan. Dari pengalaman sendiri yang mencari rumah dari pelosok di Bekasi sampai Depok termasuk ke selatan Jakarta (Pasar Minggu sekitarnya), mungkin ada pengalaman yang dapat bermanfaat buat bro and sis yang mencari rumah yang ada di lingkungan perumahan (developer).

1. Reputasi dan Pengalaman Developer

Jangan menanyakan reputasi developer dari marketingnya, ini sama juga bohong. Info yang lebih berguna justru dapat diperoleh dari warga di perumahan yang dibangun developer yang sama. Dari internet juga mungkin dapat diperoleh info yang positif atau negatif tentang perumahan yang sedang kita incar. Tanyakan juga dari warga di sekitar perumahan, apakah pernah developer pernah bermasalah dengan lingkungan sekitar.

Faktor utama penyelesaian perumahan ada ditangan developer, tentunya berbeda antara developer yang telah membangun 1  perumahan dengan 10 perumahan. Tetapi perlu diperhatikan juga apakah ada track record developer yang kurang baik sebelumnya.

2. Kualitas Bangunan

Pilih developer perumahan yang memiliki rumah contoh yang sudah jadi atau sudah membangun perumahan lain. Amati kualitas bangunan yang sudah ada, jangan  sampai setelah teken AJB harus menyesali di kemudian hari.

3. Fasilitas Umum dan Sosial (Fasum/Fasos)

Perhatikan kelengkapan fasum/fasos yang telah disediakan oleh developer, pastikan fasum yang dijanjikan telah dipenuhi dan sesuai dengan brosur yang ditawarkan. Beberapa fasilitas yang utama adalah jalan, saluran air dan listrik. Kalau belum sepenuhnya jadi pastikan kesediaan developer untuk memenuhi janjinya.

4. Perizinan dan Legalitas

Pastikan developer telah memiliki perizinan dan dokumen legal atas tanah tempat dibangunnya perumahan khususnya IMB dan sertifikat. Developer-developer kecil umumnya mengerjakan di atas tanah atas nama perorangan sebaiknya tanda tangani AJB dengan pemilik tanah secara langsung untuk menghindari masalah di kemudian hari. Apabila dengan kuasa jual, pastikan surat kuasa berumur kurang dari 6 (enam) bulan.

5. Ketersediaan unit

Pilih perumahan yang memiliki unit ready stock karena di sini bisa dilihat kemampuan keuangan developer.

6. Tema dan Masterplan Perumahan

Perumahan saat ini bisa memiliki macam2 tema misalnya konsep townhouse, cluster dll. Pemilihan tema ini sangat berpengaruh terhadap rencana kita dalam pengembangan ke depan, contohnya dengan model cluster tentu saja tidak memungkinkan membangun tembok tinggi di sekitar rumah.

7. Akses

Jangan lupa akses jalan ke perumahan, jangan sampai setelah kita beli ternyata jalan ke arah perumahan sangat macet. Coba melakukan pengecekan di hari kerja, pagi atau sore jangan hanya di hari libur saja.

Setelah mendiami rumah, coba buka komunikasi dengan penghuni lain selanjutnya :

1. Buat semacam paguyuban atau forum warga perumahan.

2. Laksanakan pertemuan secara rutin dengan developer khususnya membahas pemenuhan fasiltas yang dijanjikan di awal.

3. Manfaatkan forum/paguyuban sebagai wakil/sarana dalam menyampaikan keluhan kepada developer.

4. Ingat sebagai konsumen, kita sebagai pembeli rumah berhak menuntut janji developer.

Apabila sampai suatu titik developer tidak memenuhi janjinya, lakukan tuntutan melalui media atau jalur hukum. Tapi ini hanyalah jalan terakhir jika developer sudah lepas tangan.

One thought on “Tips Memilih dan Mendiami Rumah di Perumahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s