SAMSUNG DIGITAL CAMERA

Tips Membeli Rumah di Komplek Perumahan

Membeli rumah, apalagi rumah pertama bisa jadi sangat tricky. Permasalahan yang dihadapi akan semakin berat apabila membeli rumah di kompleks perumahan dan tiba-tiba developernya entah kenapa bermasalah, tidak bisa menyelesaikan pembangunan rumah padahal kita sudah mengeluarkan uang muka dan biaya macam-macam.

Untuk menghindari permasalah di kemudian hari ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan sebelum  melakukan pembelian

  • Cek track record developer dan orang-orang terkait

ada beberapa cara  untuk melakukan pengecekan, bisa bertanya pada lingkungan sekitar perumahan atau proyek perumahan lain milik developer. Cara lain adalah lewat internet tanya di Google, masukan nama developer, sales etc yang kita ketahui bahkan nomor telepon yang ada juga bisa digunakan.

  • Tunda pembayaran DP

maksud menunda di sini bukan berarti kita tidak bayar-bayar, tapi setidaknya tunggu sampai dengan kita memperoleh kepastian bahwa KPR kita (kalo lewat KPR) telah disetujui oleh bank. Jangan melakukan pembayaran DP apabila belum approved/acc dari bank penerima KPR termasuk jika sertifikat belum dipecah dan tidak jelas statusnya. Nego dengan developer bahwa kita hanya bersedia membayar tanda jadi saja dan

  • Cek ketersediaan rumah jadi

Cek diperumahan kalau pembangunan dilakukan setelah adanya pesanan dari penjual (inden), kalau ya berarti ada indikasi bahwa modal developer terbatas, jadi dia menunggu pembayaran dari calon pembeli untuk memulai pembangunan. Kenapa hal ini penting? apabila KPR anda ditolak sementara uang muka sudah masukbiasanya dana yang sudah disetor sudah ditarik karena dipakai untuk menyelesaikan proyek lainnya.

  • Cek status tanah

Pengecekan status tanah bisa dilakukan di Badan Pertanahan Nasional, bisa melalui notaris dengan membayar biaya pengecekan, daripada susah ke depannya mendingan ada biaya yang keluarkan (cuma ratusan ribu saja)

Diolah dari sumber dan pengalaman pribadi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s