Uang muka KPR 30% ??

Ada beberapa teman yang mengeluhkan adanya marketing developer yang mulai menerapkan aturan uang muka KPR sebesar 30% dengan alasan sudah diberlakukannya ketentuan dari Bank Indonesia yang mengikat bank umum dalam penyaluran KPR nya.

Sebetulnya aturan uang muka itu ada di surat edaran BI No. 14/ 10 /DPNP tanggal 15 Maret 2012 dan mesti dibaca lebih teliti karena untuk KPR itu aturannya sbb :

“Ruang lingkup KPR yang diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia ini mencakup kredit konsumsi kepemilikan rumah tinggal, termasuk rumah susun atau apartemen namun tidak termasuk rumah kantor dan rumah toko, dengan tipe bangunan lebih dari 70 m2 (tujuh puluh meter persegi), yang diberikan Bank kepada debitur perorangan dengan nilai kredit yang ditetapkan berdasarkan nilai agunan”

Jadi yang terkena aturan uang muka tersebut adalah rumah dengan tipe 70 ke atas, dengan harga tentunya di atas Rp500 juta. Untuk rekan-rekan yang ingin memiliki rumah pertama semestinya tidak dijadikan masalah karena apabila mau membeli rumah dengan tipe kecil (36 atau 45), ketentuan uang mukanya tidak mengikuti ketentuan tersebut kecuali mau langsung beli rumah gedong dengan luas bangunan di atas 70m2.

Ayo buat yang belum punya rumah, secepatnya rencanakan dan beli rumahnya, ingat semakin lama menunggu ada cost yang harus ditanggung. Harga rumah akan semakin naik jika kita selalu berpikiran menunggu uang terkumpul untuk beli rumah. Bayangkan apabila punya uang 20 juta dan dijadikan uang muka beli rumah sekarang mungkin bisa beli rumah tipe 36/60 tapi kalo menunggu tahun depan bisa jadi hanya bisa beli rumah tipe 27/45.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s